Jumat, 24 Desember 2010

Takdir jodoh

Suatu hari seorang teman mengatakan padaku makna jodoh, jodoh adalah sesuatu yang datang padamu, menjadi milikmu dan kau bisa mengambil manfaat atau pelajaran darinya, ya jodoh manusia dalam arti pasangan untuk laki2 atau perempuan atau itu berupa pekerjaan, rejeki atau apapun, tapi yang menarik ketika ia mengatakan dalam hal jodoh manusia itu memang sudah tercatat dan tersimpan dilauhmahfuz..tapi catatan jodoh ini tidak mengikat dalam arti sewaktu-waktu dapat berubah.. nah ini yang sempat membuat aku bingung... loh kenapa begitu..bukannya Allah dah bilang kalu umur, rejeki dan jodoh itu dah ditentukan sama Allah... nah ini katanya lagi umur dan rejeki itu dah dipatok sama Allah..gak bisa lagi dirubah dan ditawar2 tapi kalau jodoh.. ada dua takdir didalamnya.. takdir dari Allah dan takdir manusia.

Dalam hal jodoh manusia juga ikut andil didalamnya. Dalam arti Allah gak mutlak nentuin jodoh untuk kita..wah wah..jadi bingung yacchh.. semua ada ditangan kita sendiri..ketika kita memilih si A utk jadi pasangan kita dan kemudian kita menikah maka dialah jodoh kita.. tapi ketika ditengah jalan kita berpisah dari A entah karena sebab apa maka dikatakan jodohnya tidak panjang atau tidak langgeng..tapi apa bila kita ingin menikah dengan si A tapi ternyata si A justru menikah dengan orang lain dan tidak dengan kita, atau kita justru menikah dengan orang lain maka dikatakan belum berjodoh bukan tidak berjodoh, nah.....jadi lebih ribet??.. dan ternyata jodoh2an ini, lagi2 kita yang menentukan... ah bukannya semua yang ada dibumi dan dilangit bergerak, berkeinginan, bahkan berdiam diri semua atas kendali dan seizin Allah?? kenapa soal jodoh kok tiba2 separuhnya kita yang menentukan takdirnya ..??

“Ya Rabb.. ternyata begitu banyak hal yang tidak dapat ku mengerti dan ku ketahui... ternyata begitu rumit rahasiaMu dan manalah mungkin aku yang dhoif ini mengurai maknanya dari tiap2 kejadian yang Kau tuliskan yang tersirat atau tersurat..”

Tidak ada komentar: