Minggu, 09 Agustus 2009

"Lebih peduli terhadap alam"

Ramadhan kembali menyapa kita, dengan segala keindahan dan wangi surganya..siapakah yang tidak merasainya? ramadhan selalu identik dengan saatnya berbagi terhadap sesama, meningkatkan rasa saling tenggang rasa, saling menghormati dan menghargai dan masih banyak lagi hal lainnya dalam hubungan hamlum minnannas... aku merasa perlu menambahkan disini bagaimana hubungan kita dengan alam. ya, bahwa alam adalah mahluk Allah juga..sudahkan kita menambah kepedulian kita pada alam atau setidaknya lingkungan kita di bulan Ramadhan ini? andaikan momentum Ramadhan dipakai juga untuk lebih menghargai alam tentulah kita tidak perlu menuai banyak bencana seperti yang kita rasakan akhir2 ini, andaikan kita lebih bersahabat dengan alam tentu anak cucu kita tidak perlu menghirup berjuta polutan yang akhirnya hanya merusak fungsi organ tubuh kita.
Baiklah, tanpa perlu berpanjang lebar, marilah kita mulai dari diri kita sendiri dengan menahan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan hal sepele tapi kenapa selalu didengungkan??, ingatkah anda ketika memakai tissu dan saat itu anda sedang berada ditempat umum, kemanakah tissu bekas pakai itu anda buang, saya yakin sedikit sekali yang akan menjawab mencari tempat sampah untuk membuang tissu itu, mulai sekarang ketika anda tidak menemukan tempat sampah tahanlah diri anda untuk membuang tissu itu kesembarang tempat, masukkan tissu bekas itu ke saku atau tas anda, dan buanglah ke tempat sampah ketika anda menemukan tempat sampah atau ketika anda berada di rumah, hal kecil yang bila ratusan juta penduduk indonesia mempraktekkannya niscaya kita tidak perlu membayar ratusan atau ribuan orang penyapu jalan atau tukang sampah.
Momentum ramadhan kali ini jadikan diri anda sebagai pioner untuk memperbaiki diri lebih kasih terhadap sesama terlebih kepada alam, mulailah dari hal kecil karena berbuat kebaikan walaupun kecil tidak akan sia-sia bukankah gunung juga asalnya dari kerikil yang kecil?
masih banyak hal kecil lainnya yang dapat kita lakukan demi terpeliharanya alam ini..semoga.

Tidak ada komentar: